Cara Membuat Game Dengan Unity3D – Cara Membuat Timer

Rasanya saya sudah pernah membuat tutorial mengenai pembuatan timer di Unity. Tapi lupa, jadi saya buat lagi saja dengan singkat. Kesalahan utama para pemula ketika membuat timer di Unity adalah mereka menganggap jika fungsi Update() dijalankan tiap detik. Padahal Tidak.

Fungsi Update() dijalankan setiap frame  dan yang namanya frame bisa berbeda-beda setiap komputer. Dalam 1 detik normalnya bisa terdiri dari 24-60 frame. Jadi mau bikin timer pakai fungsi Update() jelas rada susah. Meski bukan berarti nggak mungkin juga.

Sebagai perbandingan saya akan membuat timer dengan menggunakan 2 fungsi.

Langkah pertama, buatlah project baru dengan Unity dan buat script bernama UpdateTimer.cs dan InvokeTimer.cs. Kenapa harus 2 script? Biar gampang bedainnya.

Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D Cara Membuat Game Dengan Unity3D

Timer Menggunakan Update()

Ketik kode berikut untuk UpdateTimer.cs 

1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  public class UpdateTimer : MonoBehaviour {  
4:       float startTimer = 30f;  
5:       // Use this for initialization  
6:       void Start () {  
7:       }  
8:       // Update is called once per frame  
9:       void Update () {  
10:            startTimer -= 1 * Time.deltaTime;  
11:       }  
12:       void OnGUI(){  
13:            GUI.Label(new Rect(10,10,200,50), startTimer.ToString());  
14:       }  
15:  }  

Timer Menggunakan InvokeRepeating()

Ketik kode berikut untuk InvokeTimer.cs 

1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  public class InvokeTimer : MonoBehaviour {  
4:       float startTimer = 30f;  
5:       int Interval = 1;  
6:       // Use this for initialization  
7:       void Start () {  
8:            InvokeRepeating("CountDown",0,Interval);  
9:       }  
10:       void CountDown(){  
11:            startTimer -= 1;  
12:       }  
13:       // Update is called once per frame  
14:       void Update () {  
15:       }  
16:       void OnGUI(){  
17:            GUI.Label(new Rect(10,60,200,50), startTimer.ToString());  
18:       }  
19:  }  

Secara pribadi saya sih lebih suka pakai InvokeRepeating. Terasa lebih jelas aja gitu logikanya, walau secara coding sedikit lebih rumit.

Cara Membuat Game Dengan Unity3D

Kalau kamu suka yang mana?

Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa Tutorial Unity3D yang bisa anda pelajari untuk memahami penggunaan game engine Unity 3D dalam membuat game berbasis PC maupun Android. Tutorial ini akan terus diupdate oleh saya, maupun oleh rekan-rekan kontributor yang lain. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Game Menggunakan Unity3D

Tutorial Pemula:

Tutorial Berseri #1:

Tutorial Berseri #2:

Artikel Unity:



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares