Unity 2017: Gebrakan Baru Unity Di Dunia Game Engine

GDC 2017 silam menjadi titik akhir sekaligus titik awal bagi Unity 3D. Kenapa? Dalam acara yang dilaksanakan di San Francisco tersebut, CEO John Riccitiello, CTO Joachim Ante, Technical Director Lucas Meijer, Founder David Helgason, dan beberapa staf Unity Technologies merayakan suksesnya pencapaian lifecycle Unity 5 dalam 2 tahun terakhir dan memberikan gambaran lebih jauh tentang pengembangan Unity 3D di tahun 2017.

Beberapa hal yang bisa dikonfirmasikan adalah, Unity dengan kode pengembangan 5.x akan diakhiri dengan peluncuran Unity 5.6 pada akhir bulan Maret 2017. Dan hanya berselang sebulan setelahnya, Unity 2017 akan segera dirilis (versi beta, tentu saja).

Apa yang terjadi di awal tahun 2017 ini mengingatkan saya pada 2-3 tahun silam tepat pada saat peluncuran Unity 5. Pada saat itu pun, cycle Unity 4.x ditutup bersamaan dengan peluncuran baru cycle Unity 5 yang jauh lebih stabil, lebih powerfull, namun sialnya juga membutuhkan performa komputer yang lebih tinggi. Well, beginilah teknologi. Selalu berkembang dengan sangat cepat, secepat kedipan mata bagi mereka yang tidak terlibat dalam proses pengembangan di dalamnya.

 

Kembali ke Unity.

Berhubung belum ada info resmi tentang fitur-fitur utama dari Unity 2017, maka saya akan coba merangkum beberapa fitur terbaik Unity 5.6 yang akan dijadikan standar cycle utama Unity 2017 yang akan dirilis bulan April mendatang.

Baca juga:  Cara Membuat Game Tanpa Ngoding - Membuat Mekanisme Musuh Dengan Construct2

Platform Facebook

Ini keren. Facebook merilis layanan Gameroom pada bulan November 2016 silam. Dalam layanan itu, pihak pengembangn Facebook meyakinkan jika layanan ini dapat membuat beberapa game online facebook berjalan dengan sangat optimal di PC. Bahkan lebih ringan. Ini adalah peluang yang langsung disambar oleh Unity. Dalam versi terbaru nanti, Unity akan bisa dipublish ke Gameroom. Dengan 1.8 milyar pengguna facebook di seluruh dunia, platform ini bisa menjadi platform yang tepat untuk mendulang dollar. Anda tertarik?

Screen-Shot-2017-02-27-at-10.49.40-PM

Dukungan VR

Unity paham betul jika teknologi VR akan menjadi salah satu media game yang paling diminati. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat developer dalam membuat game-game VR. Bahkan Editor VR, salah satu package yang notabene ‘hanya’ dibuat oleh komunitas, mendapat sambutan yang begitu positif sampai mencapai 6000 download dalam beberapa bulan. Sehingga Unity bersama dengan mastah-mastah developer VR partner seperti Oculus, HTC Vive, PlayStation VR, and Daydream akan merancang sebuah framework khusus VR yang akan memudahkan dan mempercepat developer atau artis untuk membuat game sejenis VR. Keren!

XRFT

Tambahan Fitur-Fitur Baru

Secara umum Unity 5.6 akan memperbaiki bug yang muncul di versi sebelumnya dan menambahkan beberapa fitur baru yang “nggak bakalan kerasa” kalau nggak dicobain. Tapi lumayan lah buat pengetahuan. Beberapa fitur terbaru 5.6 yang dipromosikan dalam GDC tersebut di antaranya adalah:

Baca juga:  Cara Membuat Game Untuk Android Sederhana

Vulkan: Penggunaan Vulkan dalam Unity konon dapat meningkatkan perfoma namun sekaligus justru mengurangi penggunaan batere (jika menggunakan laptop). Dalam demo yang ditampilkan bisa dilihat jika dengan game yang sama (SkyForce Reloaded ), penggunaan Vulkan API dan Open GL berbanding terbalik. Kok bisa? Entahlah. Saya juga bingung. Tapi ini adalah fitur yang keren.

Metal: Ini khusus bagi pengguna Mac dan Apple Metal graphics-nya. Dalam versi terbaru, Metal API dapat langsung diakses melalui Editor Unity. Sehingga developer bisa langsung melihat tampilan pada scene sekaligus pada saat dideploy ke gadget. Dalam demo ini, yang saya curiga adalah bagian dari propaganda Power Ranger 2017, tim Unity melakukan demo dengan Ludi Lin (Power Ranger hitam baru) and Jason Davi (Power Ranger hijau jadul). Saya nggak begitu ngerti soal shader, tapi kalau ngeliat gamenya sih, ini keren.

Unity 2017

Salah satu fokus utama dalam pengembangan Unity 2017 adalah optimalisasi core engine untuk peningkatan performa engine dan kemudahan pengembangan game. Tim Unity juga tengah mempersiapkan Unity Accelerator Pack yang terdiri dari package-package super cepat untuk membangun game berjenis FPS, pembuatan Shader dan Visual Scripting Tool. Tapi package ini tentunya nggak gratis. Biasa, bahan promosi untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga:  Cara Membuat Game Tanpa Ngoding Dengan Construct 2 - Insert Sprite

Hal paling menarik menurut saya dari Unity 2017 adalah adanya fokus pengembangan Timeline dan Cinemachine. Apa itu? Jika sebelumnya game engine hanya digunakan untuk membuat game, kini game engine pun bisa digunakan untuk membuat film animasi.

Bagi anda yang pernah mempelajari Blender/3DSMax pasti kenal dengan panel Timeline/Dopesheet yang bertujuan untuk mengatur animasi termasuk kamera. Hal yang sama dengan kamera. Cinemachine dalam Unity adalah kamera yang dapat digerakan sesuai dengan kebutuhan anda untuk mengambil gambar dan merekamnya seperti kamera 3D pada aplikasi grafis.

TimelineCinemachine

Debut pertama Timeline dan Cinemachine adalah proyek Adam yang digagas oleh Georgi Simeonov, art director sekaligus konsep artis yang pernah menangani Batman: Arkham, Dirty Bomb dan Volund. Georgi memulai proyek Adam dengan konsep yang sangat matang dan mendalam.

Kisahnya sendiri berseting di masa depan ketika seluruh manusia telah berubah menjadi makhluk biologis yang aneh dan terpecah-pecah ke dalam berbagai koloni. Adam, sang protagonis, berusaha untuk mengungkap kebenaran – sebagai pikiran manusia yang terperangkap dalam tubuh bio-mekanik. Bukan jenis cerita yang saya suka, tapi eksekusinya gila.

Picture3

Georgi dan timnya bener-bener serius dalam menggarap proyek ini. Dan hasilnya sangat luar biasa. LUAR BIASA. Apalagi jika mengingat, film ini dirender oleh Unity. Sebuah Game Engine yang normalnya ‘hanya’ memproduksi sebuah game.

 

 

Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares