Vandaria Red Deimos: Kolaborasi Antara Ramen Dan Cap Ciayo!

Komik Vandaria: Red Deimos yang berkolaborasi dengan CIAYO Comics resmi dirilis! Komik yang bersetting di dunia Vandaria karya mas Ami Raditya kelihatannya akan menjadi salah satu judul unggulan CIAYO Comics. Melihat kualitas komik yang dihasilkan, dapat dipastikan jika Borton Liew telah menepati janjinya untuk menyajikan kisah dari dunia Vandaria ini dengan kualitas terbaik.

Saya sendiri telah membaca chapter 1 Vandaria: Red Deimos, dan tangan saya langsung gatel pengin komentar. Apalagi yang menulis kisahnya adalah mas Fachrul Razi (RUN) yang merupakan rekan sesama penulis di era kegelapan berabad-abad silam (eaaa). Setidaknya ada lebih dari 1 juta fakta unik yang ingin saya tulis mengenai komik yang disupervisi langsung oleh mas Ami ini. Catet! Ingin saya tulis. Tapi berhubung males, saya tulis dua fakta aja ya? Yah, tiga deh. Empat kalau gitu? Hmm, lima? Terserah saya ajalah ya mau nulis berapa juga.

Fakta 1: Komik Deimos Bersumber Dari Novel Redfang

Saya agak lupa-lupa ingat. Tapi rasanya semenjak skema kolaborasi Vandaria Saga dirilis tahun 2011 dengan tema Kristalisasi Vandaria, Fachrul RUN telah menulis 3 novel yang terkait langsung dengan Vandaria. Yang pertama adalah Hailstorm, Redfang dan Winterflame. (Betulkan saya kalau saya salah, mas Fachrul). Dan cerita Deimos diambil dari novel keduanya yang berjudul Redfang. Novel Redfang sendiri memiliki rating 4.1/5 di situs review novel Goodreads Indonesia yang menandakan jika novel ini memiliki reputasi yang cukup baik.

Fakta 2: Adanya Nuansa ‘Action-Fantasy’ Bercampur Horor Khas Fachrul Razi

Bagi anda yang pernah membaca tulisan mas Fachrul pasti langsung nyengir begitu melihat adegan awal pada komik ini. Khas Fachrul banget. Penulis yang satu ini memang terbiasa membuat cerita horor bercampur fantasi, entah cerita fantasi bercampur horor. Pokoknya ada horor dan darah-darahnya gitu deh. Tensi ketegangan yang dibangun oleh Fachrul terasa pas di awal cerita, sedikit menurun saat ditambahi bumbu komedi (masalahnya ini komik sih, jadi feelnya berbeda kalau baca novel), dan meningkat lagi saat di ending cerita yang… ngegantung! Damn! How can you do this to me Fachrul!!

Fakta 3: Tata Warna Khas Webtoon Yang Kontras Dengan Gaya Fachrul

Ini opini pribadi. 100% subyektif sih jadi tidak perlu diambil pusing. Tata warna pada komik Deimos khususnya pada setting sangat luar biasa. Aura gelapnya cocok menggambarkan suasana tegang yang merupakan inti dari cerita chapter pertama. Namun pewarnaan setting itu mulai terasa terganggu (bagi saya) saat para karakter bermunculan dengan warna cerah. Terlalu cerah. Jadinya agak aneh saja gitu. Untungnya hal tersebut tertutupi oleh kemunculan Velius yang menurut saya merupakan bagian terbaik dari chapter ini.

Fakta 4: Trailer Red Deimos Superb Abis!

Terlepas dari tata warna, trailer Deimos yang dirilis bersaman dengan komik digitalnya sangat-sangat superb banget! Tebakan saya animasinya ini pasti pake Toonboom (sok tahu!). Tapi aslinya keren. Meski secara umum tidak banyak animasi-transform yang dilakukan dan hanya menggunakan beberapa animasi-tweening saja, scene yang diambil sangat pas dan sanggup menggambarkan keseluruhan plot Red Deimos. Untuk trailernya yang super yahud, saya acungi 4 jempol dah!

Fakta 5: Komik Red Deimos Hadir Dengan Glosarium

Ini yang keren! Kapan lagi bisa baca komik yang dilengkapi dengan Glosarium? Berhubung Vandaria itu luas banget, ada berbagai macam istilah yang rumit serta karakter yang bejibun, satu langkah yang bijaksana untuk melengkapi komik ini dengan Glosarium. Dengan demikian, ada banyak hal yang bisa dijelaskan kepada pembaca tanpa harus membebani porsi komiknya sendiri. Cuma ada satu yang kurang dari Glosarium ini. Seting tempat mungkin? Nggak semua orang tau Blackmoon dan Tanah Utama Vandaria kan? Mungkin tim CIAYO Comics perlu pikirkan satu chapter tambahan khusus hanya untuk menggambarkan setting cerita ini.

Fakta 6: Terbit Setiap Jumat Jam 17.00

Komik yang diproduseri langsung oleh mas Borton Liew dan Ami Raditya ini akan terbit setiap hari Jumat pukul 17.00 WIB. Jadi bagi anda yang penasaran, seperti saya, catet jadwalnya baik-baik. Hari Jumat! Udah gitu aja.

Fakta 7: Ami Raditya Adalah Penggemar Naruto

Banyak yang tidak tahu jika mas Ami Raditya adalah seorang penggemar Naruto akut bahkan sebelum komik Naruto dirilis. Eh? Anda tahu kan apa makanan kesukaan Naruto? Ramen! Betul. Nah, gara-gara terinspirasi dari makanan itulah mas Ami kemudian membuat sebuah cerita tentang Vandaria dengan ras manusia yang memiliki nama lain yaitu Ramen. Mungkin gara-gara itu pula, mas Ami kemudian memutuskan untuk berkolaborasi dengan mas Borton yang sama-sama memiliki perusahaan makanan bernama Cap Ciayo.

Iya, saya tahu. Itu tulisannya Rimen. Kan supaya artikelnya lucu. Anyway, sukses terus untuk komik perdana Ramen dan Cap Ciayo! Masih ada 3 judul lainnya yang menyusul. Jadi kita tunggu saja tanggal mainnya di CIAYO Comics.

Loading...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares