Volt X Setan Jalanan: Kolaborasi Nyetrum Yang Bikin Gerung-Gerung!

Komik perdana kolaborasi antara Volt dan Setan Jalanan resmi diluncurkan di hari kedua Popcon Asia 2017. Acara launching komik digital di platform CIAYO Comics ini sekaligus menandakan jika optimisme industri komik Indonesia sedang bertransformasi menuju arah yang lebih baik. Kapan lagi bisa ngeliat dua tokoh super hero yang memiliki fan base berbeda ‘dicemplungin’ dalam satu universe dan plot cerita yang sama bukan?

Volt merupakan karakter orisinal karya Marcelino Lefrandt dan Aswin Siregar. Secara desain, karakter Volt menyerupai Flash dengan kekuatan petir ala Thor. Dia juga bisa terbang seperti Superman. Sementara Setan Jalanan yang merupakan karakter orisinal karya Franki Indrasmoro merupakan karakter penegak hukum khas jalanan. Metode yang digunakan pun mirip dengan The Punisher atau bisa juga Batman yang sering disebut sebagai tukang main hakim sendiri.

Kolaborasi antara dua tokoh super hero yang memiliki 2 gaya yang berbeda ini jelas sangat menarik! Karena dilihat dari sifatnya, kedua karakter itu ‘somehow’ bertentangan dan rasanya mereka memiliki persepsi yang sangat berbeda soal yang namanya keadilan.

Baca juga:  SAH! CIAYO Comics dan WOW Komik Akhirnya Resmi Berkolaborasi!

Dalam episode 1 yang telah drilis oleh CIAYO Comics (yang dengan kurang ajarnya dikasih tulisan Bersambung pas ditengah-tengah kemunculan Setan Jalanan!), universe yang ditampilkan masih merupakan universe khas Setan Jalanan. Musuh yang ditampilkan pun masih musuh ecek-ecek yang rasanya bisa ditangani sendiri lah oleh Setan Jalanan.

Tapi nggak tahu kalau ada twist soal musuh yang punya super power di sini. Anyway, tebakan saya adalah, setelah si Setan Jalanan muncul dan menghabisi para begal jahat itu, Volt tiba-tiba muncul dan menyatakan sikap tidak setujunya terhadap tindakan main hakim sendiri yang dilakukan Setan Jalanan. Sekali lagi ingat! Kedua karakter ini punya pandangan yang bertolak belakang soal hukum dan keadilan.

Dan konflik antara kedua karakter inilah yang justru membuat kolaborasi ini menjadi menarik.

Baca juga:  Berani? CIAYO Games Adakan Turnamen Champion Chips di BEKRAF Game Prime 2017!

Kebayang kan apa jadinya ketika dua orang yang sama-sama berjuang untuk keadilan harus berkelahi satu sama lain hanya karena keadilan yang mereka perjuangkan berbeda versi dengan keadilan yang diperjuangkan pihak lain. Dan ketika Volt dan Setan Jalanan sedang terlibat perkelahian antara mereka sendiri, muncullah Ami Raditya yang dengan gagahnya melerai mereka dan berkata: “Sudahlah! Hentikan pertengkaran ini! Dan mari kita saling berjabat tangan erat menuju masa depan yang lebih baik!”

Oke, lupakan komik geje di atas. Maksud saya adalah kolaborasi antara Volt dan Setan Jalanan ini benar-benar kolaborasi yang pas dan bikin penasaran. Setidaknya ada 3 parameter yang saya catat merupakan kekuatan utama dari kolaborasi ini.

1. Kekuatan Karakter Tidak Seimbang

Volt punya kekuatan super, sementara Setan Jalanan nggak punya. Dia hanya punya motor. Itu pun belum jelas apakah motornya sudah lunas atau belum. Apa jadinya jika kemudian Volt manggil debt collector untuk nyita motornya? Parameter perbedaan kekuatan ini jelas sangat menarik.

Baca juga:  Awas! Ada Setan Di BEKRAF Game Prime 2017!

2. Persepsi Karakter Terhadap Tujuan Tidak Sama

Volt adalah pahlawan keadilan, sementara Setan Jalanan berjuang di jalanan untuk balas dendam. Jika Volt dielu-elukan sebagai pahlawan, sebaliknya Setan Jalanan malah digue-guekan sebagai penjahat. Ini ibarat Bawang Putih dan Bawang Merah versi Super Hero. Hmm, analoginya nggak nyambung sih. Tapi you know what I mean lah ya.

3. Fan Base Yang Berbeda

Dan inilah yang paling menarik. Baik Volt dan Setan Jalanan sama-sama punya fan base. Fan base yang berbeda pula. Yang satu karakternya bisa bikin nyetrum, yang satu lagi bisa gerung-gerung. Waduuh, kalau kolaborasi ini berujung jadi sebuah film udah nggak bakalan salah deh. Pasti laku-ku-ku! Karena kekuatan dari sebuah IP bukan terletak dari kekuatan kreator, tapi justru dari loyalitas fans. Itu!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares