WOW Komik! Gerakan Komik Warung Di Seluruh Indonesia!

Menindaklanjuti rubrik Sosok yang membahas Mochammad Iqbal alias Iboy yang diterbitkan oleh koran kompas 2 minggu silam, tim Kompas TV Jawa Barat mendatangi markas WOW Komik di jalan Jatihandap No 41. Selain untuk mewawancarai kang Iboy selaku founder WOW Komik, tim Kompas TV juga bermaksud untuk meliput kegiatan tim WOW Komik yang karya-karyanya telah “Mendunia Dalam Senyap”.

Sejak awal diluncurkan, WOW Komik memang telah mencuri perhatian publik dengan konsep distribusi dan harga yang sangat terjangkau.

“WOW Komik adalah komik yang ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Itu sebabnya kita jual dengan harga terjangkau. Tujuan utamanya sebenarnya adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Bagaimana pun, generasi anak-anak sekarang merupakan penerus dari generasi komik di masa datang,” ungkap Iboy.

Baca juga:  Siap-siap! Pakoban 6 Akan Digelar. Hitung Mundur Dimulai!

Meski WOW Komik dijual dengan harga terjangkau, bukan berarti mengabaikan kualitas. Bahkan sebaliknya, tim WOW Komik tetap memaksimalkan kualitas cerita dan gambar. Pengerjaan untuk satu buah komik melibatkan beberapa orang mulai dari penulis, penciller, inker, colorist, sampai teks dan labeling.

Secara garis besar, proses pengerjaan WOW Komik sangat mirip dengan pengerjaan komik di studio profesional lainnya. Perbedaan terbesarnya terletak dari konsep distribusinya yang anti-mainstream. Berbeda dengan komik impor lainnya yang dijual di toko-toko besar, WOW Komik justru dijual di warung-warung tradisional.

Dan dalam liputan kali ini, tim Kompas TV Jawa Barat sengaja datang khusus untuk mengambil scene warung tersebut yang merupakan salah satu kekuatan utama sekaligus differensiasi WOW Komik dari komik-komik lainnya.

Baca juga:  WOW! Direktur BNI Menerima Tantangan #WOWSelfieChallenge

Saat ini fokus penyebaran WOW Komik memang baru berkutat di seputar Bandung, namun seiring dengan meningkatkan permintaan akan komik dan publikasi yang luar biasa dari rekan-rekan media, bukan tidak mungkin jika cita-cita Bandung Lautan Komik akan segera berkembang menjadi Indonesia Lautan Komik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares