WOW Komik – Komik Asli Karya Anak Bangsa

Apa itu WOW Komik? WOW Komik adalah nama publisher komik yang dibangun oleh Iboy yang sekaligus merupakan founder dari AIU Komik. Kedua studio tersebut memang dirancang memiliki skema bisnis yang berbeda.

Jika bisnis AIU Komik berada pada area ilustrasi profesional untuk klien dari dalam dan luar negeri, sementara WOW Komik akan dikhususkan pada penerbitan, percetakan serta distribusi komik untuk pasar domestik.

“Untuk langkah awal komik ini direncanakan akan didistribusikan di 16.000 outlet/warung seluruh Bandung,” jelas Iboy. “Jika respon pasar baik maka distribusi akan dilanjutkan ke 180.000 outlet/warung di seluruh Jawa barat dan Sumatera. Kota-kota dan provinsi lain akan menyusul kemudian.”

Berkaitan dengan skema distribusi melalui warung yang terkesan menghindari skema klasik di toko-toko buku nasional seperti Gramedia dan TogaMas, Iboy menyebutkan jika ini adalah bagian dari strategi bisnis WOW Komik. Meski dia tidak menutup kemungkinan jika suatu saat kerja sama dengan distributor mainstream akan dilakukan.

“Saat ini pun negosiasi dengan beberapa outlet minimarket sedang dilakukan,” ungkapnya. “Dan sudah ada satu mal yang menyambut baik kehadiran WOW Komik dan bersedia menjadi partner perdana kami, padahal produk (komik) belum selesai. Ini sungguh langkah awal yang luar biasa.”

Ya, selain merupakan nama publisher, WOW Komik sendiri sekaligus menjadi nama brand produk baru komik yang ditargetkan untuk anak-anak berusia 9 tahun ke atas. Sampai saat artikel ini ditulis, WOW Komik telah menyiapkan sekurangnya 15 judul Komik dengan berbagai genre yang berbeda.

wow-komik-cover

Jika dilihat dari judul dan genre yang dihasilkan, beberapa judul komik cenderung lebih cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak berusia 13 tahun ke atas.

Meski demikian, Iboy memastikan jika produknya masih sangat aman untuk dikonsumsi anak-anak. Hal ini karena setiap adegan serta dialog telah melewati proses editorial yang cukup ketat dengan memangkas serta mengganti beberapa adegan dan kata-kata yang dirasa kurang pantas untuk dibaca anak-anak.

Setiap judul WOW Komik dibuat oleh komposisi penulis, dan komikus yang beragam. Untuk judul Si Kabayan dan Alien, misalnya. Keseluruhan pengerjaan komik mulai dari cerita, storyboard, pensil, tinta, sampai pewarnaan dan dialog dikerjakan oleh Moch. Yusuf a.k.a Riantho. Sementara pada komik lain seperti Lembah Emas, cerita utama digarap oleh Kiki D Rumaya dan pengerjaan oleh Mohamad Ramlan.

Ada pun sebagian besar judul WOW Komik ditulis Rickman Roedavan yang merupakan penulis best seller buku Unity Tutorial Game Engine sekaligus dosen Multimedia di salah satu politeknik. Rickman Roedavan mulai dikenal sebagai salah seorang penulis fiksi fantasi sejak mengikuti event Fantasy Fiesta pada tahun 2010 silam.

“Jika komik ala Amerika memiliki dimensi yang lebar, berukuran tipis dan full-color, komik atau manga ala Jepang memiliki dimensi yang kecil, berukuran tebal dan hitam putih, maka WOW Komik akan berada di tengah-tengahnya, yaitu memiliki dimensi yang kecil, berukuran tipis namun full-color,” jelas Rickman. “Tambahan lagi, komik ini akan dibandrol sangat terjangkau, jauh di bawah komik-komik sekelasnya. Ini adalah komik khas Indonesia.”

Rickman menyebutkan jika kesulitan dalam proses pembuatan naskah untuk WOW Komik adalah pada keragaman judul dan genrenya.

“Karena setiap judul memiliki cerita, genre, tokoh, serta konflik yang berbeda,” ujarnya. “Sehingga membuat berbagai jenis naskah yang berbeda dalam waktu yang relatif singkat cukup sulit buat saya. Karena yang ada di dalam kepala saya ini cuma Kiky Si Kancil, hahaha.”

Kehadiran WOW Komik juga mendapat sambutan hangat pada Baros Internasional Animation Festival pada beberapa waktu lalu. Para pengunjung terlihat sangat antusias sekaligus penasaran dengan komik super murah pada even tersebut.

Wow Komik

Sampai saat artikel ini ditulis, pihak WOW Komik belum merilis tanggal resmi kapan produk-produk ini bisa didapatkan di toko-toko dan warung terbesar. Namun Iboy menyebutkan jika tidak ada halangan berarti, WOW Komik akan segera tersedia pasaran paling lambat Januari 2017.

Nah, sambil menunggu tanggal rilisnya, berikut adalah sinopsis dari beberapa judul WOW Komik.

received_1441615512516090

Kiky Si Kancil karya Rickman Roedavan & Riantho

Aniqa sangat yakin jika mimpi buruk yang dialaminya bukanlah mimpi buruk biasa. Ada penyihir jahat yang mencoba membunuhnya dan mengakibatkan kekacauan besar di Negeri Dongeon. Siapa penyihir itu? Aniqa tidak tahu.

Satu-satunya petunjuk dalam mimpinya hanyalah seorang ras Fabel yang entah darimana selalu datang dan menolongnya. Ras Fabel adalah ras setengah manusia dan setengah binatang yang merupakan ras asli negeri Dongeon.

Aniqa tidak masalah jika ras Fabel dalam mimpinya adalah jenis singa, harimau atau bahkan rusa. Masalahnya, ras Fabel dalam mimpinya itu adalah dari jenis kancil.

Bukankah di Negeri Dongeon kancil selalu dikenal sebagai ras pencuri yang nakal, licik dan jahat?
Lalu kenapa dalam mimpinya kancil ini malah menolongnya?

Siapa kancil itu sebenarnya?

14591758_1654580204853389_4092836057832584807_n

Detective Khan karya Rickman Roedavan & Kriswanto Why

Khan adalah seorang anak SMA yang memiliki kemampuan analisis dan strategi yang brilian. Bersama dengan dua orang sahabatnya, Ilham si gila teknologi dan Bilal yang perkasa, mereka membentuk sebuah grup detektif SMA untuk memecahkan berbagai kasus rumit.

Debut perdana mereka dalam memecahkan kasus pencurian lukisan yang disamarkan menjadi kasus kebakaran, sukses membuat nama ketiganya terkenal seantero kota Bandung.

Popularitas itu membuat mereka dihadapkan pada kasus berikutnya. Kasus tentang pencurian patung-patung kucing. Tanpa mereka sadari, kasus yang sekilas terlihat sederhana itu, ternyata menyimpan bahaya yang mengancam nyawa mereka bertiga…

14695340_1654581798186563_5039335635725357423_n

Lembah Emas karya Kiki D Ruyama & Diman Noor

Sebuah dusun bernama “Arga Manik” diteror oleh sekelompok orang misterius, sehingga hampir semua penduduknya mengungsi bahkan berpindah ke tempat lain.
Hanya beberapa orang yang bertahan disana dengan pertimbangan bahwa dusun itu adalah tempat kelahiran dan asal mula leluhurnya.

Segelintir penghuni terus bertahan menghadapi teror itu, yakni kepala dusun Bandar serta seorang pemimpin padepokan Silat Sawita serta istri dan anak tunggalnya Gandar, dan 2 orang kakak beradik yg merupakan kepala keamanan yang bernama Partayuda & Kartayuda serta beberapa orang penduduk yang masih punya keberanian menghadapi teror.

Suatu hari Sawita kedatangan keponakannya bernama Jagad Gempar, akhirnya mereka bersama membuka tabir misteri kenapa dusun Argamanik diteror.

14702434_1654580774853332_6667294273314852336_n

Maya karya Kiki D Ruyama & Mohammad Ramlan

Abad 15, penghuni benua eropa mencari daerah baru untuk dijadikan koloni, dataran Afrika – Amerika Selatan, dataran Asia mereka jelajahi, salah satu yang menjadi incaran mereka adalah bumi Nusantara yang kaya dan melimpah dengan hasil bumi.
Mereka adalah bangsa Inggris, Portugis dan Belanda berlomba ingin menguasai nusantara dengan menggunakan berbagai cara.

Salah satu cara ialah membentuk aliansi dengan penghuni lokal, mempengaruhi kepercayaan dan keyakinan dengan membentuk sekte “sapta Jagat”, mereka percaya bahwa pada waktu tertentu dalam 1 abad akan lahir seorang anak mempunyai kekuatan istimewa.

Sekte sapta Jagat mempunyai maksud untuk mendidik dan menguasai anak istimewa itu sesuai dengan kepentingan dan maksud mereka yaitu menguasai tanah nusantara.

14716294_1654579864853423_1334550267678166904_n

Twin Guns karya Rickman Roedavan & Risjaya

Sebuah bank dirampok oleh komplotan penjahat amatir bersenjata api. Meskipun bukan penjahat profesional, namun mereka sangat berbahaya dan sanggup membunuh siapa saja. Para penjahat itu sudah merencanakan semuanya dengan matang.

Kecuali satu hal.

Di dalam bank yang mereka rampok ada Nicholas Smith.
Siapa yang tidak mengenalnya? Polisi Los Angeles paling brutal yang konon siap menghancurkan apa saja yang ada di sekelilingnya demi menangkap penjahat. Sang monster sadis yang membuat para penjahat gemetar ketakutan hanya karena mendengar namanya.

Aksi Smith lagi-lagi membuat atasannya geram. Karena meski perampokan berhasil digagalkan, namun separuh blok kota jadi hancur lebur karenanya.

14670715_1654575548187188_3479639910686388268_n

Mustika Garuda karya Rickman Roedavan & Indiana Zordan

Babak baru dunia persilatan telah dimulai!

Seluruh pendekar dari berbagai aliran berambisi untuk mendapatkan Mustika Garuda, senjata legendaris milik Pendekar Garuda Emas yang telah wafat ratusan tahun silam.

Siapa saja yang berhasil mendapatkan Mustika Garuda akan menjadi pendekar terhebat di seluruh penjuru dunia persilatan. Satu dari sekian banyak pendekar itu adalah Jaka Bumi, seorang pendekar silat aliran kuno: Bambu Kancil.

Berbekal kompas ajaib peninggalan kakeknya, Jaka berkeliling seluruh negeri untuk menemukan Mustika Garuda. Bukan untuk menjadi yang terkuat, tetapi untuk mematahkan sebuah kutukan misterius yang menyerang desanya.

Pilihan Jaka hanya ada dua.
Berhasil menemukan Mustika Garuda dan menyelamatkan seluruh penduduk desa, atau tewas ditengah gejolak pertarungan para pendekar ambisius.

14642172_1657843977860345_2453183957857434111_n

Mustika Garuda karya Rickman Roedavan & Kunia Hikaru

Siapa bilang cewek nggak bisa “menembak” cowok duluan? Buktinya Sarah menembak William duluan saat mendapati dirinya berada di sebuah ruangan yang dipenuhi oleh mayat.

Mayat-mayat itu memang tewas karena gigitan vampire. Tapi pelaku pembunuhan sadis itu bukanlah William. Karena William adalah seorang vampire cacat yang lebih suka minum susu.

Namun apa pun alasannya, Sarah, anggota pasukan khusus, yang ditugaskan untuk menyelidikinya sama sekali tidak perduli. DI matanya, William adalah seorang monster.

Sementara di mata William, Sarah adalah wanita pertama yang berani menembak dirinya. Benih-benih cinta perlahan muncul di dalam hatinya.

Ah, dasar vampire yang aneh!

14956490_1666977106947032_7396001705171049274_n

Mustika Garuda karya Rickman Roedavan & Duddy Pratama

Bohlam City adalah sebuah kota tempat kejahatan merajalela serela-relanya. Di kota ini, yang benar jadi salah, yang salah jadi benar. Kerusakan moral terjadi di setiap lini dan angka tingkat kejahatan tergolong sangat tinggi.

Sebagai warga kota yang baik hati, jujur, amanah, gemah ripah loh jinawi, Badrus bertekad untuk menjadi seorang pahlawan kota. Bersama-sama dengan sahabatnya, Diki, mereka mengklaim diri sebagai super hero tampan bernama:

Kalong Kasarung.

Berbekal jepit jemuran, gayung, katel, panci dan peralatan seadanya, mereka siap menumpas kejahatan dan menegakkan kembali keadilan di Bohlam City. Tapi itu jika mereka bisa berhasil mengalahkan penjahat nomor satu di kota mereka: The Poker.

received_1391344064209902

Sedha karya Sultan Eko

Sedha adalah sosok pendekar yang berwujud mengerikan, dimana Salman dirasuki oleh para pendekar dari masa lalu suruhan Ki Bajul Ireng.

Namun, dengan keyakinan dan hati bersih yang dimiliki oleh Salman, para pendekar masa lalu itu tidaklah membinasakan dirinya, namun justru berbalik menganggap tubuh Salman adalah tubuh yang tepat untuk mereka mencapai kesempurnaan, dengan menghancurkan keangkaramurkaan yang terjadi di wilayahnya

received_1392419064102402

Tuma karya Osadha

“Petualangan Si Tuma” menceritakan tentang petualangan seorang makhluk dari Suku Caplak yang bernama Tuma.

Dia berkelana di dataran Hulu untuk mencari sebuah tempat yang nantinya akan menjadi tempat tinggal baru bagi sukunya. Hal tersebut dikarenakan tempat tinggalnya sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditempati karena sumber makanan yang menipis akibat terjadinya perang suku dengan Suku Anay.

Tuma menjadi salah satu pengembara yang sengaja diutus oleh keluarganya. Dengan berbekal sebuah tas ajaib, yang merupakan pemberian ayahnya, Tuma pun memulai petualangannya tersebut. Kini Tuma pun berpacu dengan waktu untuk segera menemukan sumber makanan dan tempat baru tersebut.

received_1148232601962076

Si Kabayan Dan Alien karya Riantho

Ada pun beberapa judul lainnya akan menyusul dalam waktu dekat. Penasaran dengan kisah-kisah unik yang ditawarkan oleh WOW Komik? Tunggu tanggal rilisnya ya.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares