Wow Komik: Komik Urang Bandung Go Internasional!

WOW Komik lagi-lagi menjadi sorotan media. Kali ini giliran CNN Indonesia yang datang khusus untuk meliput kegiatan tim WOW Komik di jalan Jatihandap  No 41. Kedatangan tim reporter disambut hangat baik oleh tim WOW Komik maupun oleh anak-anak yang kebetulan sedang berada di sekitar lokasi.

Dalam liputannya CNN Indonesia lebih menyoroti kiprah Mochammad Iqbal alias Iboy selaku founder WOW Komik saat merintis studio komik lima tahun silam sampai beberapa karyanya kemudian diakui di mancanegara. Bahkan lisensi dari salah satu komik garapan anak-anak Bandung itu sempat ditawar oleh Direktur Marvel Asia Pacifik di Dubai Comic Con dengan harga yang menakjubkan.

“Intinya kualitas gambar dari rekan-rekan WOW Komik sudah tidak diragukan lagi. Dengan kemampuan kami yang terbiasa melayani pesanan ilustrasi luar negeri, kami yakin bisa membangkitkan industri komik lokal khususnya untuk pasar kalangan menengah ke bawah,” papar Iboy.

Baca juga:  Siap-siap! Pakoban 6 Akan Digelar. Hitung Mundur Dimulai!

Komik Urang Bandung Go Internasional

Semangat Iboy dan rekan-rekan WOW Komik dalam menghidupkan infrastruktur kreatif khususnya komik lokal sangat patut diacungi jempol. Konsep unik yang tidak biasa ini juga yang membuat tim reporter CNN Indonesia terkaget-kaget saat mengetahui harga komik yang digambar dengan kualitas internasional ini.

“Saat ini harga komik di warung antara Rp. 3000. Sementara khusus untuk pameran kreatif dan event-event besar, kita justru akan menaikkan harganya menjadi Rp. 5000. Hal ini terkait dengan kesulitan teknis, khususnya sih mencari pecahan uang kembalian,” pungkas Iboy sambil tertawa.

Beberapa hal penting yang disorot oleh CNN Indonesia adalah mengenai kemampuan teknis para penciller tim WOW Komik yang merupakan asset luar biasa bagi industri komik internasional. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali komik luar negeri, bahkan dari studio besar seperti DC dan Marvel, yang menggunakan jasa komikus Indonesia khususnya penciller.

Baca juga:  Sharing Session WOW Komik Dengan Teman-Teman Akademi Seni Rupa & Desain Yogya Mantap Jiwa!

Penciller merupakan kunci utama dalam pembuatan komik. Karena seorang penciller harus mampu membuat gambar yang utuh dari beberapa baris script komik dari penulis. Rate seorang penciller dalam industri komik merupakan yang paling mahal per halamannya.

Hal ini dikarenakan selain harus bisa menggambar dengan baik, seorang penciller juga harus memiliki imajinasi yang tinggi dan mampu menerjemahkan sebuah script sesuai dengan keinginan penulis.

Saat ini WOW Komik juga sudah menjalin kerja sama dengan salah satu mal kreatif di Bandung yaitu Click Square. Harapannya kolaborasi ini akan semakin melambungkan nama WOW Komik ke seluruh penjuru Indonesia bahkan mancanegara.

“Komik itu bukan goal akhir. Karena investasi utamanya adalah Intellectual Property atau IP. Dengan semakin dikenalnya IP WOW Komik maka nilai IP ini akan bertambah,” tutupnya.

Baca juga:  WOW! Direktur BNI Menerima Tantangan #WOWSelfieChallenge



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares