Zettamind Studios: Studio Komik Lokal Yang Siap Go Internasional!

Apakah anda pernah mendengar Zettamind Studios? Belum? Wajar saja. Karena studio komik ini memang baru didirikan kurang lebih sebulan yang lalu, atau tepatnya 22 Januari 2017. Tapi jangan salah. Meski baru seumur jagung, studio ini sudah siap tancap gas dalam industri komik Indonesia bahkan sampai ke Perancis. Keren kan?

Zettamind Studios didirikan oleh Je Yatmoko yang juga berprofesi sebagai seorang novelis. Kala itu, Je hanya bermaksud untuk mengubah novel garapannya yaitu Rempang-Galang Nightmare ke dalam bentuk komik. Pertemuannya dengan Wilsa Sepriedi sang pendiri komunitas komikus dan pencinta komik di Battam (COMBAT) malah membuat keduanya memutuskan untuk membentuk sebuah studio komik profesional.

Bersama-sama dengan Daniel Yusuf yang telah berpengalaman di industri animasi Singapore,  Zettamind Studios pun terlahir.

15977788_1207802955923572_7848824563767124341_n

Salah satu cerita perdana yang diluncurkan oleh Zettamind Studio adalah cerita yang telah meraih juara 2 & 3 lomba komik kependudukan tingkat nasional pada tahun 2016 silam. Hal ini semakin meyakinkan Je dan rekan-rekannya jika kemampuan komikus Batam bisa bersaing dengan daerah lain bahkan internasional.

Baca juga:  Santetman: Super Hero Unik Yang Terinspirasi Dari Kisah Nyata!

Berikut adalah beberapa cover komik Zettamind Studio yang telah terbit sampai artikel ini ditulis.

Home-Cover-CC-1

combat1

combat4

combat3

combat2

Jika dilihat sepintas, sebagian besar genre yang dibawakan oleh Zettamind Studio ini adalah genre horor untuk dewasa. Namun demikian, Je memastikan jika komik garapan Zettamind Studio akan meliputi semua genre dan ditargetkan untuk seluruh pembaca. Hal itulah yang membuatnya harus bekerja ekstra keras untuk memilih dan memilah serta menentukan prioritas terhadap jenis komik yang akan diproduksi setiap bulannya.

Je menargetken untuk merilis 1-2 judul komik setiap bulannya. Saat ini, judul terbanyak masih dipegang oleh Rempang-Galang Nightmare yang diangkat dari novel karya Je. Sementara serial COMBAT adalah komik kompilasi yang merupakan wadah kreatif bagi anggota COMBAT untuk menunjukkan hasil karyanya.

Selain komik tersebut, beberapa judul komik lain yang tengah disiapkan oleh Zettamind Studio adalah Santetman dan Hiatus.

16864502_1245511595486041_988594114740581883_n

Santetman sendiri bercerita tentang seorang anak muda bernama Aldy Pratama yang ingin menegakkan keadilan. Berbekal kemampuan supranatural dan teknologi canggih, ia pun berubah menjadi Santetman dan siap menghadapi para penjahat.

Baca juga:  Combat Compilation Part 4 Siap Dirilis Dipasaran!

Konsep dan cerita yang digagas oleh Eko Bambang tampaknya akan menjadi salah satu cerita yang diunggulkan oleh Zettamind Studio. Bersama-sama dengan Boogeymen, Je memberi isyarat jika IP yang mereka kembangkan pun akan masuk ke dalam ranah Transmedia. Itu artinya tidak menutup kemungkinan jika dikemudian hari akan ada game atau animasi yang terlahir dari tangan-tangan para kreator Zettamind Studio.

Boogeyman

Bercerita sedikit soal proyek Hiatus yang juga tengah digarap oleh Zettamind Studio, tersiar kabar jika ada studio komik asal Perancis yang tertarik untuk bekerja sama dengan Zettamind Studio terkait dengan proyek tersebut. Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Je belum mau memberikan kepastian terhadap proses kerja samanya namun pembicaraan ke arah sana memang sudah ada.

“Jadi ketika acara Midori Matsuri ada editor dari Studio di perancis main ke Batam,” ujarnya. “Midori Matsuri itu adalah acara cosplay anak-anak battam, kita buka booth di sana.”

Baca juga:  Dinan Art: Pendiri Komunitas Penggemar Ilustrasi Seram

16831829_1242218789148655_522504000010973332_n

“Nah, pada saat acara, nggak sengaja ada perwakilan dari studio komik perancis yang melihat booth kami. Terus dia cerita-cerita banyak. Semuanya serba kebetulan. Dia juga lagi cari partner buat kembangin konten mereka dan mau jual komik2 dari indo ke sana. Dari situlah dia melirik Project Hiatus yg sedang saya kerjakan.”

16997905_1165062576949586_5247244625229159438_n

Meski baru berada pada tahap yang awal, namun Je sangat berharap kerja sama dengan pihak studio Perancis dapat terwujud dengan baik. Karena bukan hanya akan mengangkat nama Batam, kerja sama ini juga akan mengangkat nama Indonesia secara umum, khususnya di industri komik.

“Harapan terbesar saya agar Komik Indonesia dan industri kreatif lainnya bisa sejajar dengan negara lain bahkan bisa menguasai pasar negara lain,” pungkas Je.

Salut banget untuk kerja keras rekan-rekan dari Zettamind Studio. Selain menggusung IP karya sendiri, Zettamind Studio juga membuka peluang sebesar-besarnya untuk bekerja sama dengan komikus dan pelaku industri kreatif lain. Anda bisa menghubungi mereka di sini: Zettamind Studio.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares